Jumat, 10 Juni 2011

AGAMA ADALAH NASEHAT











Dari Abu Ruqoyah Tamim Ad Daari radhiallahuanhu, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Agama adalah nasehat, kami berkata : Kepada siapa ? beliau bersabda : Kepada Allah, kitab-Nya, Rasul-Nya dan kepada pemimpan kaum muslimin dan rakyatnya. (Riwayat Bukhori dan Muslim)
Agama adalah nasehat bagi Allah Subhanahu wata`ala artinya hanyalah Allah Subhanahu wata`ala yang berhak ditauhidkan, dan kita harus berupaya sekuat tenaga menjauhkan diri dari menyekutukan Allah Subhanahu wata`ala . Kita wajib mentaati Allah Subhanahu wata`ala , melaksanakan perintah Allah Subhanahu wata`ala dan menjauhi larangan-Nya. Nasehat bagi Rasul-Nya artinya kita wajib mentaati apa yang diperintahkan Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam , melaksanakan ibadah sesuai dengan contoh Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam dan menjauhi apa yang dilarang Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam. Nasehat bagi kitabullah artinya kita beriman terhadap kitabullah dan nasehat bagi para pemimpin kaum muslimin dan rakyatnya artinya kita diwajibkan saling menasehati diantara masing-masing individu muslim sesuai dengan kemampuan.
Dalam QS. An-Nahl 125 Allah SWT berfirman :










125. Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah[845] dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.
[845]. Hikmah: ialah perkataan yang tegas dan benar yang dapat membedakan antara yang hak dengan yang bathil.
Hikmah juga berarti benar dalam berkata dan benar dalam berbuat ,dasarnya sesuai dengan Alquran dan As-sunnah serta menempatkan sesuatu pada tempatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar